Senin, 05 November 2012

-JUMLAH KITAB YANG DITURUNKAN-



Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bismillah...

Pelajar Islam ( Intisari Ta'lim Muta'alim ) - Sobat Muslim, jika kita ditanya :

" Berapakah kitab yang diturunkan kepada para Nabi ALLAH?"

Maka jawablah :

" Didalam suatu riwayat ada 104 kitab."

Nah, Siapa saja yang menerima kitab kitab tersebut??, berikut rinciannya :

- 10 kitab diturunkan kepada Shafiyullah Nabi Adam as.

- 50 kitab kepada Nabi Syits bin Adam as.
NB : Lafadh "SYITS" menggunakan huruf " SYIN" dan "TSA". Ada yang mengatakan dengan "TA" yang ditengahi "YA" yang banyak berlaku munsharif, kadang-kadang ghairu munsharif. Makna "SYITS" adalah pemberian ALLAH. "SYITS" itu putra Adam as. Yang paling bagus diantara putra-putranya, paling tampan, utama dan mirip dengan bapaknya serta paling disayangi. Beliau hidup selama 712 tahun.

-30 kitab kepada Nabi Idris kakek Nabi Nuh as.
NB : Nama Nabi Nuh adalah "AKHNUH" atau "KHANUH". Dinamakan Idris karena banyaknya membaca kitab-kitab ALLAH. Beliau orang yang pertama kali menulis dengan kalam (pulpen/pensil), pengarang ilmu Nujum (Astrologi) dan ilmu Hisab (Hitung), beliau juga orang yang pertama kali menjahit baju lalu dipakai, para manusia sebelum Beliau sama mengenakan baju kulit. Nabi Idris as. Juga orang yang pertama kali membuat senjata (pedang) dan memerangi orang-orang kafir.

-10 kitab kepada Nabi Ibrahim as.
NB : Ada disebutkan, bahwa pada lebaran atau suhuf Beliau terdapat beberapa kalimat "SEBAIKNYA BAGI ORANG YANG BERAKAL MEMELIHARA LISANNYA, MENGETAHUI MASANYA, DAN MENGHADAPI KEPERLUANNYA"

- Kitab Injil kepada Nabi Isa as.

- Kitab Taurat kepada Nabi Musa bin Imran as.
NB : Sebagian Ulama mengatakan, bahwa Injil dan Taurat itu bahasa Ibrani, Tapi ada yang mengatakan bahasa Suryani, seperti halnya kata "Zabur". Ada suatu pendapat, bahwa disebut Taurat karena kitab Taurat itu terdapat Nur, lantaran Nur itu seseorang dapat keluar dari kesesatan petunjuk ALLAH, sebagaimana orang yang dapat keluar dari kegelapan kepada yang terang lantaran ada api. Dan ada juga yang mengatakan, bahwa disebut Taurat karena kebanyajan ayat ayat Taurat berupa ironi. Sedangkan Injil dikatakan kitab Injil itu memperluas dari yang tidak terdapat pada Taurat. Sebab ALLAH Ta'ala menghalalkan enam perkara dalam kitab Injil yang dalam kitab Taurat diharamkan. Disebutkan juga, bahwa dinamakan Injil karena ia mengeluarkan saripati kitab Taurat.

- Kitab Zabur kepada Nabi Dawud bin Isya as.
NB : Beliau Adalah pengikut Nabi Musa as.

- Kitab Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW.
NB : Kitab Al Qur'an secara berangsur angsur dan terpisah pisah selama 23 tahun setelah ditulis dalam suhuf. Dan ALLAH menurunkannya sekaligus dimalam Al Qadar di Baitul Izzah, yaitu suatu tempat dilangit dunia.

Wallahu a'lam...

Alhamdulillah Sobat Muslim, Ilmu kita bertambah lagi, uraian diatas sesuai juga dengan hadits Nabi Sobat Muslim...

Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Ubay bin Ka'ab bahwa ia bertanya kepada Rasulallah saw. : " Berapakah kitab yang diturunkan ALLAH?" Rasulallah bersabda : " Seratus empat kitab. 10 suhuf pada Adam, 50 suhuf kepada Syits, 30 suhuf kepada Idris, 10 suhuf kepada Ibrahim dan kitab Taurat, Injil, Zabur serta Al Furqan (Al Qur'an)" demikian disebutkan As Syarbini dalam Tafsirnya.

Jika Sobat Muslim masih penasaran, Sobat Muslim bisa Buka Kitab Qotrul Ghoist karangan Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi.

Oh iya ada yang ketinggalan, Sobat Muslim, Yang benar kitab-kitab itu tidak ada bilangan tertentu karena banyaknya perbedaan riwayat. Kita wajib mempercayai dan mengetahui empat kitab yaitu Taurat, Injil, Zabur dan Al Qur'an. Dan jadikan uraian diatas sebagai pengetahuan tambahan untuk kita.


Kurang lebih saya mohon maaf...

WASSALAM

AHT^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Yah Sobat Muslim... ^_^