Senin, 05 November 2012

-BENTUK HIDAYAH-



Assalamu'alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah kita bertemu lagi, dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang macam macam hidayah yang di mana kemarin kita sudah bahas tentang Tafsir surat Al Fatihah yang didalamnya menyinggung perihal tentang hidayah.

Siip langsung aja, kita simak sama sama yah...

Bismillah...

Sobat Muslim, Hidayah itu ada bermacam bentuknya, dan ALLAH memberi hidayah kepada mahluk ciptaan-Nya sesuai dengan karakter yang dimiliki, sehingga namanyapun tidak sama. Bentuk hidayah itu adalah :

1. HIDAYAH NALURI
Naluri adalah sifat sifat yang terbawa sejak lahir yang merupakan fitrah yang harus ada padanya. Sifat ini timbul bukan karna pendidikan atau pengalaman. Sebagai contoh adalah bayi, meskipun seorang bayi belum mengetahui apa apa sudah mempunyai kebutuhan untuk menghisap air susu ketika merasa lapar.

2. HIDAYAH INDERAWI
Kekuatan indera itu adalah termasuk hidayah pemberian ALLAH, yang manusia dan binatang sama sama diberi kekuatan pengindraan terhadap sesuatu obyek. Semua terletak pada : hidung, telinga, lidah, mata dan kulit.
Hidung adalah daya penciuman, lidah menjadi letak daya rasa, mata menjadi letak daya pengelihatan, telinga menjadi letak daya pendengaran dan kulit menjadi letak daya rangsang.

3. HIDAYAH AGAMA
Hidayah agama memegang peranan penting untuk mengarahkan seorang hamba dalam memperoleh tuntunan ALLAH menuju jalan kebenaran. Seorang hamba memang telah diberi hidayah naluri dan indrawi, tetapi kedua hidayah tersebut hanya bersifat duniawi, hanya untuk kepentingan lahiriah yang bersifat material. Sedangkan hidayah agama arah tujuannya adalah dalam rangka untuk mencapai kebahagiaan dunia ukhrawi. Oleh karena bersifat kebenaran, maka hidayah ini hanya diperuntukan bagi beberapa mahluk ALLAH secara khusus yang kelak dimintai pertanggung jawaban, yaitu dari golongan jin dan manusia. Kedua mahluk ALLAH inilah yang menjadi sasaran tersebut.

Wallahu a'lam...

Semoga bermanfaat...


[SUMBER : Drs.KH.Edham Sifa'i]

Kurang lebih Ane Mohon maaf...

WASSALAM...

AHT ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Yah Sobat Muslim... ^_^